Alat
komunikasi adalah hal yang paling di butuhkan oleh manusia, dengan alat
komunikasi manusia bisa memperoleh informasi yang di butuhkan dari berbagai
macam sumber. Pada saat ini manusia terus menerus berinovasi untuk membuat alat
komunikasi secanggih dan seefisien mungkin demi mendapatkan informasi. Dan saat
ini muncullah “smartphone” yang perkembangannya sangat pesat dan mendapat
sambutan meriah dari masyarakat di berbagai belahan dunia. Nah sekarang
pertanyaannya adalah kenapa smartphone ini bisa sangat digandrungi? Ya
jawabannya sangat sederhana, karena smartphone merupakan hasil inovasi yang
merupakan pengembangan dari teknologi handphone dengan berbagai kelebihan yang
dapat membantu aktifitas penggunanya.
Sejarah
Smartphone
Pada tahun
1999, Mike Lazaridis bisa di sebut orang pertama kali yang menjadi cikal bakal
perkembangan smartphone di dunia. Beliau pertama yang melakukan inovasi di
dunia gadget dengan membuat Blackberry di perusahaan RIM Canada. Dari sini para
perusahaan teknologi di dunia tidak mau tinggal diam dan ingin berusaha membuat
sesuatu hal yang serupa bahkan lebih baik.
Dengan adanya
mindset dan tekad yang kuat, para pelaku bisnis tersebut berhasil membuat
gadget pintar atau smartphone dengan berbagai jenis dan fungsinya sehingga
sekarang tengah membanjiri pasar industri. Banyak diantaranya menawarkan harga
yang sangat terjangkau, mulai dari ratusan ribu saja, dan hal ini merupakan
kabar baik bagi sebagian masyarakat, khususnya golongan menengah kebawah yang
juga bisa ikut menikmati kemajuan teknologi pada saat ini.
Perkembangannya
di Indonesia
Lalu bagaimana
dengan perkembangannya di Indonesia? Ya, Indonesia ini sendiri memang menjadi
salah satu target utama para produsen produk elektronik termasuk smartphone, karena
jumlah populasinya yang tinggi dan sifat konsumennya yang cenderung konsumtif
menjadi latar belakang bagi para perusahaan.
Menurut badan
WorldPanel yang mensurvei tentang karakter konsumen di Indonesia, maka dapat
disimpulkan bahwa masyarakat di Indonesia memang cenderung menyukai hal-hal
yang berbau digital dan perkembangan teknologi terbaru yang disesuaikan dengan
kepribadian masing-masing. Tidak heran jika saat ini para produsen produk
teknologi/elektronik termasuk smartphone berlomba-lomba untuk menjangkau target
marketnya dengan membuat produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan
tersebut.
Selain itu,
dorongan teknologi smartphone ini juga mendorong penggunaan beberapa layanan
lainnya, khususnya dalam hal penggunaan internet. Tentu saja, karena mau tidak
mau pengguna smartphone harus berlangganan layanan internet secara rutin agar
smartphonenya dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Walaupun memang kita
perlu akui kalau kebanyakan masih menggunakannya sebagai alat untuk
bersosialisasi melalui aplikasi sosial media. Disisi lain perangkat ini juga
umum digunakan untuk membantu mobilitas penggunanya dalam hal pekerjaan atau
bisnis. Dari berbagai faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas, apakah ini
dapat diartikan sebagai peluang? Mari kita ulas sama-sama dibawah ya.
Pengaruh
Smartphone dalam dunia bisnis
Tanpa disadari
pengguna smartphone saat ini juga sudah menjadi target bagi para pelaku usaha.
Ya, hal ini didasarkan pada meningkatnya pengguna smartphone, gaya hidup hingga
kebutuhan mereka yang dilakukan melalui media tersebut. Salah satu contohnya
adalah pemenuhan kebutuhan melalui transaksi online. Kenapa transaksi online?
Karena adanya tingkat dorongan yang kuat akan kesibukan rutin, aktifitas mobile
yang tinggi hingga kecenderungan sifat ingin serba cepat dan praktis.
Melihat adanya
permintaan yang kuat dari para pengguna internet, termasuk smartphone membuat
pebisnis berusaha untuk masuk ke dunia bisnis ecommerce yang konsepnya
mengedepankan kemudahan, kecepatan dan kesederhanaan dalam bertransaksi dengan
menjual segala sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen. Tidak hanya berhenti
disitu, saat ini perusahaan e-commerce juga membuatkan versi mobile dan
aplikasi untuk smartphone agar mereka dapat lebih menjangkau target pasarnya,
dan berusaha mengintimidasi konsumen untuk terus mengingat mereka melalui
layanan tersebut.
Contohnya,
zalora, tokobagus, berniaga, Traveloka, dsb, mereka merupakan perusahaan
e-commerce yang lahir dan berusaha melayani konsumennya dengan konsep pelayanan
online dan juga bisa diakses melalui smartphone. Perusahaan-perusahaan tersebut
nampaknya sadar akan adanya peluang besar kedepan sehingga mereka berusaha
memberi kemudahan transaksi ke konsumennya dengan membuat berbagai fitur
layanan yang menarik dan bermanfaat. Misalnya Traveloka.com, layanan pemesanan tiket
pesawat online terbesar dan terpercaya di Indonesia ini
pada awalnya hanya fokus pada website utamanya, tetapi kemudian mereka berusaha
mengembangkan versi mobile agar konsumen dapat lebih mudah mengaksesnya melalui
smartphone tanpa kesulitan apapun.
Pembuatan
website versi mobile yang khusus diorientasikan kepada konsep sederhana,
to-the-point dan ringan tentunya akan membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan
mudah dalam bertransaksi. Namun nampaknya versi mobile seperti yang dibuat oleh
pihak Traveloka masih belum bisa memuaskan konsumennya . Kenapa? Karena mereka
ternyata masih ingin suatu layanan yang lebih mudah lagi, yaitu melalui
aplikasi khusus untuk smartphone. Ya ini memang sah-sah saja, karena mereka
dapat dengan mudah mengakses layanan seperti Traveloka, Zalora, Blibli, dll
jika menggunakan aplikasi tanpa perlu membuka browser terlebih dahulu. Dengan
konteks seperti ini, konsumen dapat mengakses layanan yang diinginkan
dimanapun, kapanpun dan dalam situasi apapun sesuai dengan keinginan mereka.
Intinya konsumen menginginkan aplikasi untuk smartphonenya karena mereka
menganggap suatu layanan penting, sering digunakan, dan disisi lain mereka
memiliki aktifitas yang padat sehingga mereka butuh layanan berupa aplikasi
yang diyakini dapat menjadi solusi dari apa yang mereka butuhkan.
Secara
keseluruhan perkembangan smartphone memang menimbulkan efek positif bagi
konsumen dan produsen. Namun di sisi lain, produsen harus terus berusaha
mengembangkan layanan/produknya untuk dapat memenuhi ekspektasi konsumen. Ini
berarti bahwa masyarakat di Indonesia sudah semakin cerdas, dengan adanya
banyak informasi dalam genggaman mereka, dan mudahnya mendapatkan informasi
melalui smartphone membuat pola pikir konsumen terus berkembang dan tanpa
disadari mereka semakin selektif dalam memilih layanan yang mereka butuhkan.
Kedepannya teknologi smartphone ini tentu akan terus berkembang dan mungkin
akan ada lagi inovasi terbaru yang memungkinkan konsumen dan produsen dapat
berinteraksi dengan lebih mudah dan cepat tanpa adanya batas-batas tertentu.
Jadi, kita tunggu saja kejutan-kejutan terbaru dari hasil karya manusia
kedepannya ya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar